3 Makanan Paling Berbahaya untuk Asam Urat

- 12 Januari 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi minuman beralkohol /Foto: Pixabay/Bessi/

RINGTIMES BALI - Penyakit asam urat/Gout adalah radang sendi karena crystal uric acid. Penelitian ilmiah "Dietary factors and risk of gout and hyperuricemia" yang diterbitkan di tahun 2018 menunjukkan beberapa makanan yang berbahaya dan berguna untuk asam urat. Ada beberapa hasil yang mengejutkan yang mengusik conventional wisdom.

Inilah tiga makanan/minuman yang paling berbahaya penyebab asam urat. Namun bagaimanakah kita mengetahui seberapa berbahaya makanan/minuman tersebut? Untuk mengetahuinya maka dapat kita lihat dari odd ratio. Semakin tinggi odd ratio-nya maka semakin berbahaya, namun jika odd ratio semakin rendah maka semakin bagus.

Dan berikut makanan/minuman yang paling berbahaya bagi penderita asam urat, sebagaimana dikutip ringtimesbali.com dari video yang diunggah kanal YouTube Dr Tony Setiobudi - Mount Elizabeth Hospital 7 Oktober 2019:

Baca Juga: Kaki Bengkak Akibat Asam Urat, Jangan Anggap Sepele Segera Lakukan Ini

1. Alkohol - Odd ratio 2,58

Contohnya : Bir, Wine, Wisky dan lain-lain yang berbau alkohol sangat berbahaya bagi penderita asam urat alkohol harus dihindari.

2. Fructose - Odd ratio 2,14

Frustose adalah tipe gula seperti glukosa, intinya makanan/minuman yang mengandung Fructose adalah yang manis

Contohnya : sirup, madu, soda manis seperti pepsi atau coca cola, jus buah-buahan seperti mangga, anggur, pir dan semangka

Baca Juga: Cara Alami Menurunkan Asam Urat yang Dianjurkan Dokter, Salah Satunya Minum Kopi! Patut Dicoba

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X