Manfaat Kacang Untuk Kesehatan Jantung, Ini Faktanya

- 1 Januari 2021, 11:40 WIB
kacang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Faktanya kacang dapat menjaga kesehatan jangung karena kaya akan nutrisi. /Pixabay/ExplorerBob


RINGTIMES BALI -
Siapa sangka kacang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Faktanya kacang dapat menjaga kesehatan jangung karena kaya akan nutrisi.

Makan kacang - kacangan sebagai bagian dari diet sehat mungkin baik untuk kesehatan jantung Anda. Kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya. Dan mereka adalah makanan ringan yang enak, murah, mudah disimpan dan mudah dikemas saat Anda sedang bepergian.

Salah satu kelemahan kacang adalah tinggi kalori, jadi penting untuk membatasi porsinya. Tetapi memilih kacang daripada camilan yang kurang sehat mungkin hanya membantu Anda tetap berpegang pada diet jantung sehat.

Baca Juga: 34 Provinsi Segera Terima Vaksin Covid-19

Dilansir RINGTIMES BALI dari laman mayoclinic, Penelitian telah menemukan bahwa orang yang berisiko terkena serangan jantung dapat mengurangi risikonya dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung kacang - kacangan.

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat:

  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida low-density lipoprotein (LDL atau "jahat"), yang berperan besar dalam penumpukan deposit yang disebut plak di arteri Anda
  • Tingkatkan kesehatan lapisan arteri Anda
  • Tingkat peradangan yang lebih rendah terkait dengan penyakit jantung
  • Mengurangi risiko penggumpalan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian

Hasilnya, kacang - kacangan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung dan penyebab lainnya.

Apa yang mungkin membuat jantung kacang sehat?

Selain dikemas dengan protein, kebanyakan kacang - kacangan mengandung setidaknya beberapa zat yang menyehatkan jantung ini:

  • Lemak tak jenuh. Tidak sepenuhnya jelas mengapa, tetapi diperkirakan bahwa lemak "baik" dalam kacang - kacangan  baik lemak tak jenuh tunggal maupun tak jenuh ganda - menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Asam lemak omega-3. Sudah diketahui bahwa asam lemak omega-3 ditemukan pada ikan, tetapi banyak kacang - kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah asam lemak sehat yang tampaknya membantu jantung Anda, antara lain, mencegah irama jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga: Tips Membuat Kolase Foto Kenangan 2020 di Instagram

  • Serat. Semua kacang mengandung serat yang membantu menurunkan kolesterol Anda. Serat juga membuat Anda merasa kenyang, jadi Anda makan lebih sedikit. Selain itu, serat diduga berperan dalam mencegah diabetes tipe 2.
  • Vitamin E. Vitamin E dapat membantu menghentikan perkembangan plak di arteri Anda, yang dapat mempersempitnya. Perkembangan plak di arteri Anda dapat menyebabkan nyeri dada, penyakit arteri koroner, atau serangan jantung.
  • Sterol tanaman. Beberapa kacang mengandung sterol, zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Sterol tumbuhan sering ditambahkan ke produk seperti margarin dan jus jeruk untuk manfaat kesehatan tambahan, tetapi sterol secara alami terdapat pada kacang-kacangan.

Baca Juga: Tingkatkan Kesuburan Wanita, Ini 4 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: Putu Diah Anggaraeni

Sumber: Mayoclinic


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X