13 Khasiat Saffron untuk Kesehatan hingga Kecantikan, Simak Kegunaannya

- 29 November 2020, 17:48 WIB
Ilustrasi Bunga Rempah Saffron /pixxabay/ Xtendo

RINGTIMES BALI – Saffron merupakan rempah yang biasanya digunakan sebagai penyedap, pewarna, maupun perisa pada makanan. Di samping dikenal sebagai bahan untuk memasak, saffron juga berkhasiat untuk kesehatan bahkan kecantikan.

Saffron diperoleh dari bunga crocus sativus yaitu berupa stigma kering dari bunga yang berwarna kuning marun. Saffron ini merupakan rempah termahal di dunia karena dikenal dengan cara penanaman dan pemanennya yang cukup rumit dalam membudidayakannya.

Dalam prosesnya, stigma dipetik dengan hati-hati dari bunga dan kemudian dikeringkan. Namun, Anda hanya perlu sejumput untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Khasiat Kunyit untuk Mencegah Kolestrerol Tinggi, Hipertensi, Hingga Radang

Biasanya, stigma dari bunga tersebut ditambahkan ke hidangan manis dan juga kari. Dengan memberi warna yang kaya pada hidangan.

Dengan demikian, tidak hanya digunakan sebagai bumbu, saffron juga dapat membantu pencernaan, mencegah dan menyembuhkan bisul. Berikut beragam kegunaan saffron yang perlu diketahui yaitu,

  1. Mencerahkan kulit

Dengan mengonsumsi saffron sebagai teh, hal itu dapat berpotensi membersihkan tubuh dan menghilangkan semua racun. Disisi lain, juga mampu mengobati sakit maag, maag, luka bakar jantung dan juga gangguan usus.

 Baca Juga: Racikan Bawang Putih, Mentimun, dan Madu Dapat Mengobati Tekanan Darah Tinggi

  1. Meningkatkan penglihatan mata

Karotenoid yang terkandung dalam saffron akan melindungi mata dari degerasi makula yang merupakan penyebab umum kebutaan. Stigma bunga tersebut memberikan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X