Kolesterol Tinggi Pemicu Penyakit Jantung, Konsumsi 6 Makanan Rendah Kolesterol

- 29 November 2020, 07:15 WIB
Buah-buahan dengan kadar gula tinggi. /Freepik.com/ajerbaizan_stockers

RINGTIMES BALI – Kolesterol merupakan sejenis lipid atau lemak. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh, salah satunya menjadi penyebab penyakit jantung.

Kolesterol tinggi mungkin bisa disebabkan karena gaya hidup sehari-hari seperti pola makan maupun aktivitas fisik yang biasa dilakukan.

Secara umum, kolesterol ini terdiri dari dua jenis yaitu low density lipoprotein (LDL) atau dikenal kolesterol jahat dan high density lipoprotein (HDL) atau dikenal dengan kolesterol baik.

Baca Juga: Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini, Begini Gejala dan Penyebabnya

Kolesterol LDL atau kolesterol jahat ini membawa kolesterol ke arteri. Jika kadar kolesterol LDL terlalu tinggi, maka bisa menumpuk di dinding arteri.

Penumpukan ini juga dikenal sebagai plak kolesterol. Plak ini dapat mempersempit arteri, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah.

Akibatnya, gumpalan darah yang menyumbat arteri di jantung atau otak dapat menyebabkan serangan jantung ataupun stroke.

Lain halnya dengan kolesterol HDL, atau kolesterol baik ini membantu mengembalikan kolesterol LDL ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Hal ini membantu mencegah penumpukan plak kolesterol di arteri Anda.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara, Simak 9 Tips Efektif Berikut

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X