Khasiat Kunyit untuk Mencegah Kolestrerol Tinggi, Hipertensi, Hingga Radang

- 29 November 2020, 09:00 WIB
Khasiat Kunyit untuk Mencegah Kolestrerol Tinggi, Hipertensi, Hingga Radang /Jamu Digital

RINGTIMES BALI – Kunyit adalah rempah bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk penambah cita rasa makanan. Bahkan secara tradisional, kunyit digunakan sebagai jamu tradisional yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit lainnya.

Kunyit adalah rempah yang memiliki kandungan senyawa kurkumin. Senyawa tersebut adalah senyawa antioksidan dan anti radang yang tinggi tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Selain kesehatan tubuh, kunyit ini juga berkhasiat untuk kecantikan.

Seperti yang dilansir dalam Boldsky, penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam foods journal menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit dengan lada hitam meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2000 persen.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara, Simak 9 Tips Efektif Berikut

Dilansir dari berbagai sumber, kunyit memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh, diantaranya,

  1. Meningkatkan penurunan berat badan

Jenis bumbu ini dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan.

Penelitian di European Review for Medical and Pharmacological Studies, Frontiers in Farmacology, and Endocrine, Metabolic & Immune Disorders Drug mengaitkan kurkumin dengan penurunan berat badan dan penurunan body mass index (BMI).

Meskipun meningkatkan asupan kunyit bukanlah strategi yang bagus untuk menurunkan berat badan, namun hal ini dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan obesitas dan memberi sedikit peningkatan dalam pembakaran lemak.

 Baca Juga: Cara Deteksi Kanker Payudara pada Ibu Hamil, Begini Perawatan yang Tepat

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X