6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Alami di Rumah

- 29 November 2020, 07:30 WIB
6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Alami di Rumah /pixabay/mohamed Hassan

RINGTIMES BALI - Tekanan darah tinggi merupakan kondisi berbahaya yang dapat merusak organ jantung seseorang. Apabila dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, maupun penyakit lainnya yang terkait.

Dilansir dari laman Healtline, Hal ini dapat mempengaruhi satu dari tiga orang di Amerika Serikat dan satu miliar orang di seluruh dunia.

Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi ini disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, stress, kurang olahraga, dan faktor risiko lainnya.

Baca Juga: 10 Herbal Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi untuk Atasi Hipertensi, Patut Dicoba!

Selain itu, salah satu penyebab dari tekanan darah tinggi adalah adanya kolesterol yang tinggi. Penumpukan kolesterol dalam darah membuat pembuluh darah arteri menjadi menyempit.

Penyempitan pembuluh darah tersebut menyebabkan jantung memompa darah lebih keras dari biasanya, sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan melebihi normalnya. Keadaan inilah yang disebut dengan tekanan darah tinggi.

Ironisnya, penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) ini dialami kalangan menengah ke atas yaitu sekitar 40 tahun ke atas. Meskipun demikian, ini juga bisa terjadi di usia muda karena beberapa faktor yang memicunya seperti pola makan sehari-hari.

Baca Juga: Cegah Kanker Payudara, Simak 9 Tips Efektif Berikut

Akan tetapi, sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, bahkan tanpa obat, tipsnya yaitu

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X