Faktor Risiko Gagal Jantung, Ketahui Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya

- 27 November 2020, 20:10 WIB
Faktor Risiko Gagal Jantung, Ketahui Tindakan Pencegahan dan Pengobatannya /Istimewa/

RINGTIMES BALI - Gagal jantung adalah penyakit ketidakmampuan organ jantung dalam memompa darah secara cukup untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh.

Ketika jantung melemah, maka kondisi jantung tersebut tidak mampu mengalirkan darah kaya oksigen dan nutrisi yang cukup ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan.

Hal ini dapat disebabkan karena ruang pompa utama jantung (ventrikel) dapat menjadi kaku dan membesar sehingga jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Gagal jantung ini dapat memengaruhi sisi kiri atau kanan jantung dan bisa juga akut ataupun kronis.

Baca Juga: Lakukan Pertolongan Pertama Serangan Jantung Demi Selamatkan Nyawa

Dilansir dari laman Boldsky, bahwa sejumlah faktor risiko lain juga bisa menyebabkan gagal jantung. Orang Afrika memiliki peningkatan risiko gagal jantung dan pria berada pada risiko lebih tinggi mengalami gagal jantung daripada wanita.

Selain itu, orang dengan penyakit tertentu berisiko lebih tinggi mengalami gagal jantung yaitu anemia, obesitas, hipertiroidisme, hipotiroidisme, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, diabetes, serangan jantung, cacat jantung bawaan, serta penyakit katup jantung.

Penggunaan tembakau dan alkohol secara berlebihan juga menimbulkan risiko penyakit gagal jantung. Bukan hanya pada jantung, kedua produk tersebut harusnya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa berakibat fatal bagi tubuh.

Baca Juga: Makanan yang Perlu Dihindari bagi Penderita Penyakit Jantung, Simak Ulasannya

Maka dari itu, perlunya tindakan pencegahan untuk menangani dan menurunkan risiko kondisi tersebut. Solusi pencegahan dapat dilakukan yaitu dengan penerapan gaya hidup sehat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X