Cara Cegah Serangan Jantung, Salah Satunya dengan Cek Rutin Kolestrol

- 27 November 2020, 19:40 WIB
Ilustrasi Cek Rutin Kolestrol Cegah Jantung //Pixabay.com/

RINGTIMES BALI - Seseorang memiliki keluhan seperti nyeri dada kiri seperti ditindih, kadang menjalar ke lengan kiri,  bahkan ke punggung, atau ke rahang maka segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat.

Apalagi bila nyeri tersebut tidak kunjung hilang dengan istirahat. Hal tersebut disebabkan adanya penyempitan atau sumbatan pembuluh darah oleh timbunan lemak di dalam arteri koroner.

Sehingga aliran darah ke otot jantung jadi menurun. Bila tidak tertangani secara langsung bisa memicu serangan jantung, yang bisa menyebabkan sesak, gangguan irama jantung, bahkan bisa meninggal mendadak.

Baca Juga: Pengobatan di Rumah Penyakit Radang Paru-paru, Konsumsi 8 Jenis Makanan Ini

Baca Juga: Pemicu Penyakit Ginjal, Cermati 7 Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Sehari-hari

Apabila terjadi keluhan di atas, apalagi ada faktor risiko seperti usia di atas 40 tahun untuk laki-laki, atau wanita yang sudah menopause, merokok, hipertensi, diabetes, atau keluarga satu turunan yang meninggal mendadak di usia muda, maka secepatnya segera periksa ke rumah sakit terdekat untuk dievaluasi lebih lanjut.

Tekanan darah sebaiknya dipertahankan di bawah 130/80 mmHg. Jika tekanan darah diatas 130-139/80-89 mmHg, maka harus dinilai risiko pnyakit jantung koroner (PJK), termasuk rendah atau bukan.

Bila risiko PJK rendah, maka perlu tatalaksana non farmakologi seperti menurunkan berat badan, diet sehat, kurangi asupan garam, program latihan terstruktur, batasi konsumsi alkohol. Namun, bila risiko PJK tinggi,  butuh tatalaksana seperti diatas dan obat penurun tekanan darah.

Baca Juga: Ternyata Makan Cabai Bikin Umur Panjang, Berikut 4 Manfaat Konsumsi Cabai Untuk Kesehatan

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X