Cek Fakta Gula Sebabkan Diabetes, Simak Penjelasannya

- 27 November 2020, 14:40 WIB
Cek Fakta Gula Sebabkan Diabetes, Simak Penjelasannya /pixabay/

RINGTIMES BALI - Cek fakta apakah benar gula dapat menyebabkan diabetes, karena penyakit ini kerap ditandai dengan kadar gula darah tinggi, banyak orang bertanya-tanya apakah makan gula dapat menyebabkannya.

Memang benar bahwa mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko diabetes atau penyakit kencing manis, asupan gula hanyalah salah satu bagian dari teka-teki.

Banyak faktor lain, termasuk pola makan, gaya hidup, dan genetika secara keseluruhan juga mempengaruhi risiko Anda.

Baca Juga: 6 Tips Mengobati Diabetes Tipe 2, Perbanyak Olah Raga dan Stop Merokok

Disini akan diulas peran gula dalam mengembangkan kencing manis dan memberikan tips untuk mencegahnya sebagaimana dikutip dari healthline.

Diabetes terjadi ketika tubuh Anda tidak lagi dapat mengatur kadar gula darah secara efektif.

Ini bisa terjadi ketika pankreas Anda berhenti memproduksi cukup insulin, ketika sel Anda menjadi resisten terhadap insulin yang diproduksi atau keduanya.

Baca Juga: Ini 16 Manfaat Daun Mengkudu untuk Lovebird dan Semua Burung Kicau, Harus Kamu Coba

Insulin adalah hormon yang dibutuhkan untuk memindahkan gula keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel Anda, jadi kedua skenario tersebut mengakibatkan peningkatan kadar gula darah secara kronis.

Kadar gula darah tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan komplikasi seperti peningkatan risiko penyakit jantung, serta kerusakan saraf dan ginjal, jadi penting untuk memeriksanya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X