Lakukan Pertolongan Pertama Serangan Jantung Demi Selamatkan Nyawa

- 27 November 2020, 11:55 WIB
Lakukan Pertolongan Pertama Serangan Jantung Demi Selamatkan Nyawa /freepik.com

RINGTIMES BALI – bagi seseorang yang memiliki keluarga atau orang terdekat yang menderita penyakit jantung, sangat penting untuk mengetahui teknik pertolongan pertama.

Pertolongan pertama ini dilakukan agar bisa menolong kelangsungan hidup korban serangan jantung.

Melansir dari Boldsky, penelitian di India pada tahun 2015 menunjukkan bahwa lebih dari 2,1 juta kematian terjadi akibat penyakit jantung.

Baca Juga: ShopeePay Terima Penghargaan Marketeers Youth Choice: Brands of the Year 2020

Jumlah tersebut terdiri dari sekitar 1,3 juta kematian akibat penyakit kardiovaskular, 0,9 juta kematian akibat penyakit jantung koroner, dan 0,4 juta kematian akibat stroke terjadi pada orang yang berusia antara 30-69 tahun.

Terkadang angka kematian tinggi pada korban serangan jantung adalah karena tidak segeranya mendapatkan pertolongan pertama.

Serangan jantung dikenal dengan penyakit darurat yang harus segera ditangani serius oleh pihak medis. Dengan adanya penundaan dalam pengobatan serangan jantung bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.

Baca Juga: Diego Maradona Meninggal Karena Henti Jantung Bukan Serangan Jantung, Simak Bedanya

Semakin cepat orang tersebut menerima pengobatan, maka semakin besar peluang untuk bertahan hidup. Perlu diketahui juga bagi penderita penyakit jantung untuk mengenali gejala-gejala serangan jantung yang menyerang.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X