Pahami Gejala Serangan Jantung yang Berbahaya Serta Penyebabnya 2020

- 26 November 2020, 07:05 WIB
Pahami Gejala Serangan Jantung yang Berbahaya Serta Penyebabnya ///Pixabay/mohamed_hassan/

RINGTIMES BALI – serangan jantung adalah gangguan serius pada jantung yang terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan aliran darah. Kondisi ini menyebabkan terhambatnya fungsi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Hal ini dapat didefinisikan sebagai kematian otot jantung karena kurangnya suplai darah.

Biasanya, hal ini terjadi ketika gumpalan darah menghalangi atau menyumbat pembuluh darah arteri yang akan memasok ke otot jantung.

Baca Juga: Gampang Diolah dan Enak, 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Penyumbatan ini disebabkan karena penumpukan lemak, kolesterol, maupun zat lain yang menciptakan plak di pembuluh darah arteri.

Akibatnya, hal tersebut dapat menghalangi aliran darah sehingga membentuk gumpalan darah. Serangan jantung atau dalam dunia medis disebut dengan infark miokard adalah keadaan darurat medis serius yang membutuhkan perhatian medis segera.

Penyebab serangan jantung yang paling umum yaitu  penyakit jantung koroner. Jantung koroner adalah kondisi yang menyumbat arteri koroner karena adanya plak lemak.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Jantung Tetap Sehat, Salah Satunya Berolahraga

Penumpukan berbagai zat dapat mempersempit arteri koroner dan mengakibatkan berkembangnya penyakit arteri koroner yang merupakan penyebab utama serangan jantung.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X