Penyebab Bau Mulut Mengganggu, Akibat Mulut Kering Hingga Gagal Ginjal

- 25 November 2020, 11:30 WIB
Ilustrasi bau mulut.* /

RINGTIMES BALI – Bau mulut atau dalam istilah medisnya disebut dengan halitosis ini ditandai dengan adanya bau tidak sedap yang keluar dari mulut.

Dilansir dari Boldsky, menurut American Dental Association, setidaknya 50 persen orang dewasa pernah mengalami halitosis dalam hidup. Sumber lain dalam Healthline, juga menyebutkan bahwa lebih dari 90 persen kasus bau mulut berasal dari mulut.

Akan tetapi, bau mulut ini tidak selalu berasal dari mulut, terkadang sumber masalahnya bisa berasal dari tempat lain di dalam tubuh. Kemungkinan terjadi akibat refluks asam yang menyebabkan regurgitasi parsial cairan yang berbau busuk.

Baca Juga: Kenali Penyebab Mata Merah, Cegah Sekarang Juga

Kebanyakan orang memiliki bau mulut setelah bangun dari tidur di pagi hari. Bau mulut yang tidak sedap bisa menjadi masalah sementara ataupun menyebabkan kondisi kronis.

Bau tidak sedap ini sangat mengganggu dan membuat penampilan seseorang merasa tidak percaya diri. Bau mulut yang terus-menerus dapat mengindikasikan kondisi yang serius.

Bau mulut dapat disebabkan karena beberapa hal berikut, diantaranya:

  1. Kesehatan gigi yang buruk

Penyebab paling umum dari bau mulut adalah adanya penumpukan partikel makanan dan pembentukan plak bakteri pada gigi dan lidah akibat kebersihan gigi yang buruk dan penyakit gusi.

 Baca Juga: Teh Celup Bantu Atasi 7 Masalah Mata Mulai Kerutan Hingga Mata Merah

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X