5 Makanan Kaya Zinc untuk Mengatasi Kelelahan Ketika Haid

- 24 November 2020, 11:15 WIB
Resep kepiting saus padang dengan jagung. /pixabay.com/E3L5

RINGTIMES BALI – kelelahan biasanya disebabkan karena kurangnya hormon serotonin. Akibatnya, neurotransmitter tidak bisa bekerja dengan baik yang dapat berpengaruh pada suasana hati tiap wanita.

Dalam mengatasi hal ini, baik untuk melakukan rutinitas pola tidur yang baik, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan melakukan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dan yoga.

Di samping itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zinc tinggi.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, Gunakan 3 Bahan Alami Ini Dapat Atasi Bau Amis Saat Haid

Selain mineral dan elemen lain yang dibutuhkan tubuh, zinc (seng) adalah salah satu dari banyak mineral yang penting dalam makanan sehari-hari terutama ketika haid. Peran seng dalam tubuh sangat penting dalam metabolisme sel dan memberikan kebugaran pada tubuh.

Kehadiran seng dalam tubuh meningkatkan kekebalan seseorang, membantu menyembuhkan luka kecil, melawan infeksi dan yang terpenting membantu dalam pertumbuhan dan pemeliharaan otot-otot tubuh.

Wanita membutuhkan jumlah zinc untuk kehamilan dan sangat penting selama masa menstruasi. Saat menstruasi seorang wanita seharusnya mengkonsumsi banyak zinc dan yodium yang baik untuk aliran menstruasinya.

Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Mengurangi Nyeri Haid, Coba 3 Resep Ramuan Berikut

Makanan tinggi seng terbilang efisien untuk mengurangi efek negatif yang terkait dengan menstruasi seperti kram perut (dismenore). Dalam penelitian disebutkan bahwa makanan tinggi seng dapat menurunkan intensitas PMS pada sebagian besar wanita.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X