Pendapat dr Yi-Chun Lo: Pandemi dapat Dihindari, bila China Lebih Transparan

- 20 Januari 2021, 15:15 WIB
Pendapat dr Yi-Chun Lo: Pandemi dapat Dihindari, bila China Lebih Transparan. /PIXABAY/TUMISU

RINGTIMES BALI – Pandemi Covid-19 telah berlalu selama setahun lebih dan berlangsung hingga sekarang.

Virus yang dimulai pada akhir tahun 2019 tersebut bermula di Wuhan yang mana menjadikan Ibu Kota Hubei, Tiongkok sebagai episentrum penyebaran virus Covid-19 (Corona Virus Disease).

Dampak dari virus tersebut telah membuat aktivitas manusia di seluruh dunia berubah. Banyak kegiatan di sektor-sektor tertentu harus dibatasi. Tak terkecuali pelayanan Kesehatan.

Baca Juga: COVID-19 Ditemukan di Ice Cream, Viorologi Universitas Leeds: Tak Usah Panik

Saat wabah tersebut menginvasi hampir seluruh China, para tenaga medis bertarung mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyelamatkan para pasien yang tiap harinya terus berdatangan akibat penyebaran yang besar.

Melalui film dokumenter yang dibuat secara rahasia oleh jurnalis warga di sana, memperlihatkan kesaksian petugas medis tentang fakta mengejutkan tentang hal sebenarnya yang terjadi di Wuhan saat Covid-19 pertama kali terdeteksi.

Dikutip Ringtimesbali.com dari situs itv.com, baru-baru ini, petugas medis China mengakui bahwa mereka telah mengetahui virus tersebut dapat ditularkan antara manusia namun, mereka diminta oleh pemerintah untuk tetap diam.

Baca Juga: Cek Data Pasien Covid-19 yang Sembuh di Indonesia, Bersama Lawan Corona

Petugas Medis tersebut tidak meragukan betapa bahayanya virus itu, bahkan mereka sudah menyadari kematian akibat virus tersebut pada awal Desember 2019.

“Sebenarnya, di akhir Desember atau awal Januari, kerabat seseorang yang saya kenal meninggal akibat tertular virus tersebut,” ujar salah satu petugas medis yang tak ingin disebutkan namanya itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: ITV News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X