Waspada, Stress Mengakibatkan Jerawat Semakin Parah

- 26 Oktober 2020, 19:40 WIB
ILUSTRASI Stress Mengakibatkan Jerawat Semakin Parah.* /Pixabay/Joseph Mucira

RINGTIMES BALI – Tahukan anda bahwa tingkat stress yang sering dialami oleh seseorang dapat mengakibatkan jerawat semakin parah? Ternyata hal ini bukan hanya sekedar mitos belaka.

Apabila seseorang sedang mengalami stress kemudian tumbuh jerawat, mungkin sebagian orang hanya akan menganggap bahwa itu hanya sebuah kebetulan saja.

Stress memang tidak langsung menyebabkan jerawat, tetapi penelitian menunjukan bahwa stress mengakibatkan jerawat semakin parah akibat adanya perubahan hormonal yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Gampang Didapat, Cukup Cari di Apotek Terdekat

Dilansir ringtimesbali.com dari Verywell Mind, kulit yang berjerawat adalah hasil kombinasi dari berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah pori-pori yang tersumbat. Faktor lain diantaranya yakni dipengaruhi oleh hormon kortisol dan androgen.

Hormon-hormon inilah yang meningkatkan produksi sebum secara berlebih, sehingga zat pelindung berminyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar di dekat folikel kulit rambut, di dalam unit pilosebasea sebagai bagian dari sistem kekebalan kulit.

Tingkat populasi propionibacterium yang tinggi, serta bakteri yang hidup di kulit manusia memberikan tekanan pada saluran pilosebasea dan mengkatalisis respon sistem kekebalan kulit. Sehingga, hal tersebut dapat membuat stress mengakibatkan jerawat semakin parah.

Baca Juga: Gunung Penghasil Belerang dengan Fenomenda Blue Fire di Kawah Ijen Jawa Timur

Masing-masing faktor ini baik secara individu maupun bersama-sama, telah berkontribusi pada ekosistem yang dapat menimbulkan jerawat pada kulit.

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukan bahwa, perbedaan individu dalam populasi bakteri mikrobioma yang dipengaruhi oleh stress, memainkan peran modulatori pada kekebalan sistemik yang dapat mempengaruhi kondisi jerawat.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X