2 Dosa Besar yang Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal Dunia

- 28 Februari 2021, 13:48 WIB
Ilustrasi dosa yang terus mengalir meski telah minggal dunia. /Pixabay / StockSnap/

RINGTIMES BALI – Setiap manusia pasti tidak luput dari lupa maupun salah. Meski demikian, seharusnya manusia yang melakukan kesalahan haruslah segera sadar dan bertobat.

Terdapat beberapa dosa yang tidak terputus dan akan tetap mengalir meski orang tersebut telah meninggal dunia.

Oleh karenanya, bagi umat muslim yang melakukan kesalahan atau dosa maka segeralah untuk bertobat. Betapa menyedihkannya, bila perbuatan yang ditimbulkannya merupakan dosa jariyah.

Baca Juga: 5 Dosa Istri Terhadap Suami yang Sangat Dimurkai Allah, Hindari Banyak Menuntut

Umat manusia pasti mengetahui bahwa setelah meninggalkan dunia semua perbuatan yang dilakukannya di dunia akan dihisab di akhirat.

Satu hal yang perlu diketahui adalah malaikat mencatat dari kehidupan kita, tidak hanya aktivitas dan amalan yang dikerjakan, namun juga dampak dan pengaruh dari aktivitas dan amalan kita.

Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat Yasin ayat 12: “Sesungguhnya kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan, dan berkas-berkas yang mereka tinggalkan dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (Lauh Mahfudz).”

Baca Juga: Perbuatan Buruk Ini Sebabkan Dosa Seribu Kali Lebih Besar dari Berzina, Jangan Lakukan

Berdasarkan ayat tersebut dapat diketahui bahwa orang yang melakukan amal dan aktivitas yang baik, maka Allah SWT akan mencatat amal baik itu dan memberikan ganjaran dari apa yang diamalkan.

Oleh karenanya, agama Islam mengajarkan umatnya untuk melakukan amal kebaikan yang dapat memberikan pengaruh bagi orang lain.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X