APVI Sebut Rokok Elektrik Berpotensi Jadi Industri Unggulan Baru di Indonesia

- 27 Mei 2023, 14:50 WIB
rokok elektrik
rokok elektrik /Foto: REUTERS/Thomas Peter/

RINGTIMES BALI- Setelah mendapat perhatian di tahun 2017 lalu, rokok elektrik disebut memiliki potensi yang besar, untuk menjadi industri unggulan baru di Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) Aryo Andrianto, dalam diskusi bertajuk ‘Mengkaji lebih dalam zat adiktif di RUU Kesehatan’, yang digelar di Jakarta, Kamis 25 Mei 2023.

Menurut Aryo, meskipun industri rokok elektrik sudah ada di Indonesia sejak 10 tahun lalu, nyatanya industri ini baru mendapat perhatian lebih di tahun 2017, dan baru dikenai cukai pada tahun 2018.

Saat ini, jelas Aryo, tidak ada satupun negara di dunia yang melarang penggunaan rokok elektrik. Walaupun ada beberapa negara yang sebelumnya menerapkan pembatasan ketat, tetapi sekarang mereka sudah mulai memperbaharui regulasi dan membuka diri untuk industri ini.

RUU Kesehatan Omnibus Law, lanjut Aryo, terus menjadi diskursus publik saat ini. Salah satu poin yang menimbulkan pro dan kontra, adalah dikategorikannya produk tembakau sebagai zat adiktif, bersama-sama dengan zat lainnya seperti narkotika, psikotropika, dan minuman beralkohol.

Baca Juga: Komisi IX DPR Akan Kawal Aspirasi Seluruh Pihak dalam Pembahasan RUU Kesehatan

Lebih lanjut dijelaskan Aryo, merujuk dari riset yang dilakukan sejumlah negara seperti Inggris, New Zealand, rokok elektrik memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah, dibandingkan produk tembakau biasa.

Industri rokok elektrik di Indonesia, sudah membuka sekitar 200 ribu lapangan kerja baru. Sementara untuk pengguna rokok elektrik di Indonesia, tercatat sebanyak enam juta pengguna, untuk saat ini.

“Industrinya sampai sekarang berkembang dan juga berdampingan sama petani tembakau,” ucap Aryo, dikutip dari Antara, Jumat 26 Mei 2023.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x