Inovasi Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit untuk Pembuatan Helm Proyek

- 30 Maret 2023, 14:00 WIB
Inovasi baru yakni pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) sebagai material pembuatan helm proyek.
Inovasi baru yakni pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) sebagai material pembuatan helm proyek. /ANTARA/HO-Intertisi Material Maju

RINGTIMES BALI - Inovasi pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai material pembuatan helm. Proyek ini merupakan hasil kolaborasi antara Dosen IPB dengan PT Intertisi Material Maju (IMM) mitra binaan Surveyor indonesia.

Dosen IPB University Siti Nikmatin mengatakan bahwa penggunaan serat TKKS menjadi bahan pembuatan helm ini telah resmi dipatenkan.

“Inovasi pemanfaatan serat TKKS menjadi bahan baku material helm ini telah dipatenkan dengan nomor P00201609159,” ucapnya, dikutip dari Antara, Kamis, 30 Maret 2023.

Baca Juga: WNA Asal Belarusia Ditangkap Tim Ditreskrimum Polda Bali Setelah Lakukan Penipuan Asuransi di Negaranya

Selain sudah memiliki hak paten, helm tersebut juga telah lulus uji Standar Nasional Indonesia (SNI) dan mempunyai nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 71,21 persen.

Merek dagang yang digunakan helm tersebut, secara komersial adalah Green Composite Helmet.

Pemanfaatan TKKS selama ini lebih banyak sebagai pupuk

Sedangkan untuk diversifikasinya sendiri belum banyak dibuat, sehingga ia berinisiatif untuk melakukan inovasi baru yakni dengan membuat helm berbahan baku TKKS ini.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x