Cara Melihara Ikan Cupang, dengan Volume Air Sedikit Ternyata Buat Cupang Tahan Hidup Lebih Lama

- 15 Oktober 2020, 16:00 WIB
Cara Melihara Ikan Cupang, dengan Volume Air Sedikit Ternyata Buat Cupang Tahan Hidup Lebih Lama /pinterest/

RINGTIMES BALI - Ikan cupang merupakan, salah satu jenis ikan hias yang memiliki corak serta bentuk ekor yang cantik nan indah.

Itulah mengapa, tidak heran apabila banyak kalangan remaja hingga dewasa yang memelihara ikan cupang, baik sebagai hiasan maupun hanya sekedar hobi dengan ikan hias yang satu ini.

Cara memelihara ikan cupang ternyata tidak begitu sulit, namun memang dibutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, juga tidak terlalu memakan biaya mahal untuk dapat merawatnya.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Aplikasi Reksa Dana Untuk Pemula

Ikan cupang terbagi atas 3 golongan, yaitu, cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang merupakan ikan petarung yang sangat populer karena ke agresifannya.

Fakta dari ikan cupang adalah, sebagai mouth breeder yaitu ikan cupang mengerami telurnya di dalam mulut serta membangun sarangnya dengan busa, atau dikenal dengan bubble nest.

Ikan cupang dapat hidup di dalam wadah berukuran apa saja, namun lebih baik memeliharanya dalam wadah yang ukurannya tidak terlalu besar seperti, berdiameter 20 x 15 x 15 cm.

Baca Juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Peterpan Menghapus Jejakmu

Tambahkan batu-batu kecil, atau tanaman didalamnya agar tampak lebih menarik dan berwarna.
Cara merawat ikan cupang agar tidak mudah mati adalah dengan membersihkan wadah ikan dari kotoran, dan lendir-lendir yang menempel pada wadah.

Jangan mencuci wadah dengan sabun, atau deterjen karena dapat meracuni ikan cupang, maka dari itu cukup bersihkan dengan spons hingga bersih.

Halaman:

Editor: Tri Widiyanti

Sumber: Wikipedia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X