Enak dan Menggoda, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Salah Satunya Udang

- 28 September 2020, 16:50 WIB
Enak dan Menggoda, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Salah Satunya Udang /

RINGTIMES BALI - Bagi penderita asam urat harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Karena ada beberapa makanan yang haram dan harus dihindari oleh penderita asam urat.

Hal yang sangat dianjurkan adalah menjaga kadar asam urat dalam batas normal. Dan melalui pengaturan makanan menjadi salah satu cara mengontrol kadar asam urat.

Penting bagi kita untuk mengetahui kandungan asam urat dari berbagai komponen makanan,sebagaimana dikutip dalam artikel sebelumnya di RINGTIMES BANYUWANGI  dengan judul " 5 Makanan Haram dan Harus Dihindari Bagi Penderita Asam Urat, Salah Satunya Udang "

Baca Juga: Selamat! Team Yamaha, Fabio Quartararo Menangkan MotoGP Catalunya 2020, Dovisioso Tersingkir

Dilansir dari Klik Dokter, berikut adalah jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

  1. Jeroan

Jeroan seperti otak, hati, dan ginjal memang enak disantap di dalam semangkok soto atau masakan Padang. Tapi untuk Anda penderita asam urat, singkirkan makanan ini jauh-jauh. Jeroan termasuk ke dalam kelompok makanan dengan purin yang tinggi, yaitu sekitar 100-1000 mg per 100 gram.

  1. Ikan sarden

Meski enak dan praktis (terutama dalam bentuk kaleng), ikan sarden adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kadar purin tinggi. Jadi untuk Anda penderita asam urat tinggi, patut berhati-hati ketika mengonsumsi sarden dalam jumlah besar.

Baca Juga: Lagu Genjer-Genjer Kerap Dianggap Proganda PKI, Lekat dengan Banyuwangi Simak ini Alasannya

  1. Kerang

Kerang adalah salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori makanan berpurin tinggi. Untuk Anda pencinta kerang, harus lebih waspada karena kandungannya sekitar 136 mg per gram.

  1. Daging merah

Anda pencinta daging merah? Jika ya, berhati-hatilah karena daging merah termasuk ke dalam makanan dengan kandungan purin sedang (9-100 mg per 100 gram).

Halaman:

Editor: I GA Putu Yuliani Dewi

Sumber: Ringtimes Banyuwangi (PRMN)


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X