Ini Cara Berkebun Vanili yang Baik Ala Kades Yehembang Kauh

- 4 Juli 2020, 12:48 WIB
Berkebun Vanili yang Baik Ala Kades Yehembang Kauh. /

RINGTIMES BALI - Begitu pandemi covid 19 mewabah di Indonesia termasuk Bali, sejumlah warga yang kehilangan pekerjaan pokok justru rame-rame menanan vanili. Hal ini dilakukan lantaran harga vanili basah maupun kering di pasaran sangat fantastik.

Namun sayangnya, tidak semua berhasil menanam vanili. Banyak dari mereka justru gagal dan harus menelan kerugian jutaan rupiah. Sementara yang berhasil juga banyak, meskipun belum bisa memanen, namun dari pertumbuhan vanili yang ditanam cukup bagus bisa disebut berhasil.

Untuk mendapatkan hasil tanaman vanili yang dalam bahasa latin vlad leaped vanilla baik dan subur, I Komang Darmawan yang juga Perbekel (Kepala Desa) Yehembang Kauh, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali siap membagikan ilmu cara menanam vanili yang baik buat warga yang berminat menekuni bisnis sampingan ini.

Baca Juga: Satu Positif Covid 19, Sepuluh Warga Yehembang Kauh Jalani Swab Test

"Kunci utama yang perlu diperhatikan adalah kemauan dan keseriusan. Jika modal ini sudah dimiliki, tingkat keberhasilan pasti dicapai," ujarnya saat ditemui dikebun vanilinya, Sabtu, 4 Juli 2020.

Lanjutnya, untuk menanam vanili menurutnya tidak perlu lahan yang luas. Cukup menyiapkan lahan kosong minimal 50 meter pesegi (lima are). Pastikan tanah agak rata dan bersih dari rumput atau gulma yang bisa mengganggu tanaman lainnya. Kemudian siapkan polibek atau pot plastik, pipa plastik, ukuran agak besar dan kecil serta serabut kelapa, jaring kawat dan jaring benang warna hitam agak tebal.

Berkebun Vanili yang Baik Ala Kades Yehembang Kauh
Berkebun Vanili yang Baik Ala Kades Yehembang Kauh

"Yang pertama dikerjakan adalah polibek atau pot ditanam setengah ke dalam tanah dengan pengaturan jarak 1x1 meter dengan yang lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Diskominfo Diminta Fasilitasi Wartawan Jalani Rapidtest

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X