Beri Bantuan Modal Kerja, Kemenkop UKM Akan Data Sebaran Pelaku Usaha Warteg

- 27 Januari 2021, 06:15 WIB
Beri Bantuan Modal Kerja, Kemenkop UKM Akan Data Sebaran Pelaku Usaha Warteg. /ANTARA/Yudhi Mahatma

RINGTIMES BALI - Kemenkop UKM berkomitmen untuk mendorong kolaborasi dan digitalisasi warteg (warteg) untuk meningkatkan produktivitas usaha. Dan warteg direkomendasikan untuk menerima bantuan modal kerja melalui Koperasi yang didanai LPDB-KUMKM atau KUR melalui perbankan.

Menurut Kemenkop UKM, warteg menjadi salah satu kegiatan usaha yang terdampak langsung pandemi COVID-19. Ketika orang-orang semakin sering berkegiatan di rumah, pengunjung Warteg pun semakin berkurang.

Oleh sebab itu, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen untuk mendorong kolaborasi bersama berbagai pihak demi membangkitkan kembali kegiatan usaha warteg di Indonesia.

Baca Juga: BLT UMKM Tahap 3, Kemenkop Targetkan 12 Juta Pelaku Usaha Mikro di 2021

Saat berdiskusi dengan perwakilan pengurus Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara) serta Paguyuban Pedagang Warung Tegal dan Kaki Lima se-Jakarta dan sekitarnya (Pandawakarta).

Diskusi ini untuk bersama-sama mencari solusi bagi permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha Warteg dan PKL, Senin 25 Januari 2021.

Maka pemetaan data warteg untuk penguatan database dilakukan agar program pemulihan tersalurkan efektif. Nantinya dengan bantuan modal usaha ini diharapkan:

Baca Juga: Diskop Bali Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Fintech di Tengah Pandemi

- Akan mempermudah akses pasar

Misalnya mempertemukan jaringan warteg dengan program sosial yang dibiayai institusi pemerintah/swasta seperti mobilisasi makan gratis atau bantuan lainnya

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: depkop.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X