9 Jenis Penyakit Ikan Cupang dan Cara Mengobatinya dengan Mudah

- 19 Januari 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi ikan cupang. /ivabalk/pixabay

RINGTIMES BALI - Ada banyak jenis penyakit yang bisa saja mengancam ikan cupang, untuk itu Anda harus merawat ikan kalian dengan baik agar terhindar dari sejumlah penyakit.

Berikut sembilan jenis penyakit yang kerap menghantui ikan cupang serta tips untuk mengobatinya sebagaimana dikutip ringtimesbali.com dari kanal YouTube Ahmad Nur Hadi, 5 April 2017:

1. Mata Bengkak (Pop eye)

Penyebab penyakit mata bengkak ini adalah karena bakteri. Kondisi air yang kotor, penyakit mata bengkak ini bisa menular ke mata sebelahnya.

Baca Juga: Cara Beternak Ikan Cupang Pemula, 12 Menit Langsung Bisa

Tanda atau gejala ikan cupang terkena penyakit ini adalah membengkaknya mata, ikan menjadi kurang akif bergerak, nafsu makan berkurang, bahkan tak mau makan. Warnanya menjadi puat dan ekor menguncup.

Cara mengobatinya: pindahkan ikan ke akuarium lain dengan air yang bagus lalu tetesi (satu tetes aja) dengan obat anti biotik seperti misalnya Ampicili, super terta atau yang lainnya.

Bisa juga dengan obat anti internal bacteria atau merk lain ditambah garam akuarium.

2. Infeksi Jamur Kulit

Penyebab dari penyakit infeksi jamur kulit ini adalah jamur, dikarenakan kualitas air yang buruk. Dan Anda harus waspada pasalnya penyakit ini bisa menular atau merambat ke seluruh tubuh dengan gejala munculnya bercak-bercak putih, tahap awal di kepala.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X