Selatan Bali Masuk Daftar Wilayah Terancam Potensi Gempa dan Tsunami, Ini Kata BMKG

- 6 Oktober 2020, 10:55 WIB
Selatan Bali Masuk Daftar Wilayah Terancam Potensi Gempa dan Tsunami, Ini Kata BMKG /BMKG/

RINGTIMES BALI - Wilayah Selatan Bali masuk dalam daftar 14 wilayah di Indonesia yang terancam potensi gempa dan tsunami setinggi 20 meter. Hal ini diungkap BMKG berdasarkan hasil riset ITB tak hanya pulau Jawa namun Selatan Bali pun ikut terancam.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BMKG merilis 14 wilayah yang terancam potensi gempa dan tsunami berdasarkan riset ITB. Dari 14 wilayah itu tak hanya selatan pulau Jawa saja yang berpotensi gempa disertai tsunami namun Selatan Bali pun waspada.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juga melibatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa, potensi gempa bumi di selatan pulau Jawa dengan kekuatan magnitudo 9,1 dapat menyebabkan gelombang tsunami mencapai ketinggian hingga 20 meter di pantai selatan Jawa Barat.

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Akun ShopeePay, Simak Caranya

Selain berpotensi hingga 20 meter, tsunami setinggi 12 meter juga diprediksi terjadi di pantai selatan Jawa Timur, sedangkan tinggi rata-rata di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa adalah 4,5 meter.

Atas informasi itu, masyarakat dibuat panik, terutama yang tinggal di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Pihak BMKG mengimbau agar masyarakat tidak terlalu panik, namun tetap waspada.

Baca Juga: Tsunami 20 Meter jika Terjadi di Jabar dan Jatim, Ini Skenario Terburuk Ungkap BMKG

Potensi gempa disertai tsunami dapat terjadi akibat pecahnya segmen-segmen megathurst jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia secara bersamaan.

“Tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur,” kata Guru Besar bidang Seismologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) Sri Widiyantoro.

Halaman:

Editor: Tri Widiyanti

Sumber: BMKG


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X