Supadma Rudana Sebut Ketahanan Industri Prioritas di Masa Pandemi Covid-19

- 12 September 2020, 19:55 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Putu Supadma Rudana (PSR). /Emanuel Oja/Tim Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI – Ketahanan industri dalam negeri menjadi sorotan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI bersama kalangan pengusaha/industri, Selasa, 8 September 2020.

Putu Supadma Rudana (PSR) yang juga Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Demokrat mengungkapkan, perekonomian global saat ini tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19 dan hal itu dirasakan kalangan pengusaha/industri.

“Di masa pandemi ini industri kita hampir semua terpukul dan terasa berat,” ungkapnya.

Baca Juga: Sambut Galungan, Distan Kota Denpasar Minta Pusatkan Pemotongan Hewan di RPH

Namun disebutkan ada dua industri yang masih bisa bertahan yaitu industri alat-alat kesehatan dan pangan. Meski demikian yang paling terpukul dalam situasi Covid-19 yaitu industri pariwisata, terpuruk.

PSR berpendapat, produk dalam negeri mesti diberi ruang, harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan sebaiknya dimasukkan dalam kementerian dan lembaga, lantaran serapan anggaran belanja di kementerian/lembaga porsinya sangat besar.

“Tentu apa yang menjadi keinginan pengusaha sejalan dengan kami selaku wakil rakyat yang memperjuangkan aspirasi masyarakat, tentu hasilnya dikembalikan demi kesejahteraan masyarakat,” ucap PSR di hadapan peserta rapat.

Baca Juga: FKPT Bali Gelar Workshop Perempuan Agen Perdamaian Cegah Radikalisme dan Terorisme

Lantas PSR menyontohkan bagaimana salah satu produk seperti furniture bisa terserap di kementerian/lembaga atau bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu.

“Untuk itulah diperlukan komitmen pemerintah untuk menggunakan produk dalam negeri sebagai upaya mempertahankan ketahanan yang kita miliki,” katanya mewanti-wanti.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X