Groundbreaking Pembangunan Pelabuhan di Nusa Penida, Ini Kata Bupati

- 2 Agustus 2020, 17:53 WIB
Bupati Suwirta saat turun ke Nusa Penida, mengecek persiapan kedatangan Menteri Perhubungan. /tim ringtimes bali

RINGTIMES BALI - Sempat diundur karena pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, pembangunan pelabuhan di Kecamatan Nusa Penida akhirnya terwujud.

Pembangunan dua pelabuhan, bagian dari rencana pelabuhan segitiga emas itu akan ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi hari ini, Senin (3/8).

Kepastian hadirnya Menhub itu disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, disela-sela mengecek persiapan acara di lokasi pembangunan Pelabuhan Sampalan, Minggu (2/8).

Baca Juga: Jukung Diterjang Ombak, Seorang Nelayan Ditemukan Selamat

Dua pelabuhan yang akan dibangun dengan dana dari pusat yakni Pelabuhan Sampalan di Nusa Gede (Nusa Penida) dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan.

Menurut Bupati Suwirta, rencananya kedua pelabuhan tersebut dibangun dan selesai tahun ini.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran, rencana pembangunannya sempat diundur dan baru bisa dilakukan saat ini.

Baca Juga: Belasan Motor Terjatuh di Karenakan Terdapat Solar Tumpah di Jalan

Anggaran kedua pelabuhan tersebut lebih dari Rp 190 miliar, dengan pengerjaan secara sistem multiyear atau tahun anggaran 2020 dan tahun anggaran 2021.

“Untuk aset tanah dan perencanaan kami di kabupaten dengan dukungan penuh Gubernur Bali Wayan Koster dan dianggarkan kementerian. Untuk dana pembangunan Pelabuhan Sampalan sebesar Rp 86 miliar dan Pelabuhan Bias Munjul Rp 105 miliar,” ujar Bupati Suwirta.

Halaman:

Editor: Moh. Husen


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X