Gunakan Masker, Cegah Penyebaran 50 Partikel Virus

- 13 Juli 2020, 20:55 WIB
Foto : Koordinator pelayanan Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah dr I Nengah Tony Rustawan, Sp MK, RSUP Sanglah. /

RINGTIMES BALI - Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak sangat penting di era new normal, karena setiap bernapas atau berbicara bisa melepaskan 50 partikel virus. Hal tersebut diklaim oleh Koordinator pelayanan Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah.

Baca Juga: Waspada! WHO Benarkan Covid-19 Bisa Menular Melalui Udara

Koordinator pelayanan Lab Mikrobiologi RSUP Sanglah dr I Nengah Tony Rustawan, Sp MK, mengungkapkan pentingnya tetap jaga jarak dan memakai masker, karena untuk menyebabkan seseorang terinfeksi virus Corona diperlukan 1000 partikel virus. Sedangkan setiap bernapas maupun berbicara, setiap manusia melepaskan 50 partikel virus.

"Ketika kita bernafas maupun berbicara itu ada 50 partikel virus, kalau batuk 10.000 partikel virus dan bersin 100.000 partikel virus. Jadi resiko itu bisa kita kurangi apabila masyarakat menggunakan masker dengan patuh," ungkap I Nengah Tony Rustawan, Senin, 13 Juli 2020 di Denpasar.

Baca Juga: Pasca Pandemi, Jumlah Orang Ekonomi Mapan di Gianyar Hanya 13.600 KK

I Nengah Tony Rustawan menerangkan oleh karena itu masker wajib digunakan semua orang, tidak hanya yang sakit.

"Orang sehat pun harus menggunakan masker untuk mencegah penularan covid-19," jelasnya.

Baca Juga: Nenek Klaster Kalikah dan Empat Pasien Sembuh

Sedangkan, banyak virus yang bisa ditangkal, bila patuh menggunakan masker secara benar. Sementara itu, RSUP Sanglah telah menerapkan protokol kesehatan, mewajibkan pengunjung pasien maupun tenaga kesehatan menggunakan masker. RSUP Sanglah juga telah melakukan pemasangan barrier di meja petugas poliklinik. Sebagai salah satu bentuk adaptasi baru pelayanan RSUP Sanglah di era New Normal, agar petugas aman dan pengunjung sehat.

Baca Juga: Astaga, Bayi dan Ibu Hamil di Jembrana Positif Covid

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X