Waspada! WHO Benarkan Covid-19 Bisa Menular Melalui Udara

- 13 Juli 2020, 20:47 WIB
Pemlet Organisasi Kesehatan Dunia WHO /

RINGTIMES BALI - Berbagai informasi yang selama ini beredar di masyarakat tentang sarana penularan wabah Covid-19.

Konon penularannya hanya melalui sentuhan tangan dan droplet atau cairan air ludah dan cairan yang keluar saat seseorang bersin ternyata sudah terpatahkan.

Baca Juga: Pasca Pandemi, Jumlah Orang Ekonomi Mapan di Gianyar Hanya 13.600 KK

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyimpulkan, ternyata benar bahwa Covid-19 juga dapat menular melalui udara.

“Benar. Badan Kesehatan Dunia, WHO tengah memperdalam kajian tentang risiko penularan Covid-19 melalui udara. Khususnya melalui udara di dalam ruangan tertutup,’ ujar Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin Senin (13/7/2020) di Denpasar.

Baca Juga: Nenek Klaster Kalikah dan Empat Pasien Sembuh

Dijelaskan, sesuai temuan WHO tersebut, Covid-19 akan sangat mudah menular dalam ruangan yang sirkulasi udaranya sangat buruk apalagi bila ruangan tersebut dipenuhi banyak orang.

Tambah lagi jika di dalam ruangan seperti itu, orang-orang tidak mengindahkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dengan benar, tidak menjaga jarak dan tidak mewaspadai diri terhadap kemungkinan tertular Covid-19.

Baca Juga: Astaga, Bayi dan Ibu Hamil di Jembrana Positif Covid

"Karena itu pada ruangan apapun yang dipakai beraktivitas banyak orang, perlu diatur agar memiliki ventilasi udara segar yang memadai, batasi jumlah orang, tetap jaga jarak dan semua wajib mengenakan masker. Jika ini dilakukan niscaya penularan berisiko seperti itu tidak akan terjadi,’ ujar Made Rentin yang tak lain adalah Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali ini.

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X