Penerbangan Komersial Terpuruk, Permintaan Jet Pribadi Meningkat

- 7 Juli 2020, 17:12 WIB
Ket poto : Pesawat Jet Peribadi parkir di Bandara Ngurah Rai /

RINGTIMES BALI– Pandemi Covid-19 berdampak luas pada bisnis penerbangan komersil di tanah air. Terutama yang menyasar pasar publik. Namun, situasi berbeda justru dialami penyedia jasa sewa penerbangan menggunakan jet pribadi. Permintaan pasar di masa pandemi tetap stabil, bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Hal ini dikatakan Direktur Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi saat ditemui di Denpasar pada Selasa 7 juli 2020. Menurut pria yang akrab disapa Stefan ini permintaan untuk sewa jet pribadi normal seperti waktu-waktu sebelumnya.

Baca Juga: Astaga, Ada Satu PNS di Jembrana Positif Covid-19, Yang Kontak Dengan Dokter Positif Ditelusuri

“Selama pandemi stabil, biasa saja bahkan cenderung ada kenaikan. Kelebihannya ada opsi kalau bepergian ada kendaraan pribadi di udara, ” ujar Stefan.

Menurutnya permintaan pada Jet Pribadi memang kategori barang mewah. Dengan tarif Rp 300 juta untuk rute perjalanan dalam negeri. Rata-rata pada situasi normal pihaknya menerima pesanan sampai 4 perjalanan baik dalam negeri maupun lintas negara.

“Untuk carter domestik seperti Jakarta Bali tarifnya Rp. 300 juta. Bali dan Jakarta merupakan sentrisnya tapi ada juga untuk wilayah Sulawesi dan daerah lain di tanah air, ” ucap Stefan.

Baca Juga: Terlalu, Masih Dikarantina Malah Kabur Bikin Repot Petugas

Ditambahkannya adanya trend positif permintaan selama masa pandemi justru datang dari konsumen rute internasional. Umumnya untuk keperluan repatriasi atau pemulangan WNA dari Indonesia ke negara asal.

“Permintaan bisa sampai puluhan tapi tidak semua bisa dilayani karena sangat tergantung pada situasi di bandara tujuan. Mengingat ada negara-negara tertentu yang masih menutup seluruh akses penerbangan, baik penerbangan publik maupun jet pribadi, ” ujarnya.

Baca Juga: Sedang Asik 'Wik Wik' di Kontrakan, Pasangan Selingkuh Digrebek

Halaman:

Editor: I Dewa Putu Darmada


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X