Pasar Kumbasari Penyumbang Terbesar Pasien Positif Covid-19 Bali

- 1 Juli 2020, 10:00 WIB
Ketua Harian GTPP Bali, Dewa Made Indra.*/ /ANTARA/HO- Pemprov Bali

RINGTIMES BALI – Ketua harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra merinci sejumlah pasar yang menjadi klaster penyebaran COVID-19 di Pulau Dewata.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali tersebut pada Selasa 30 Juni 2020 menyebut klaster pasar tradisional Ialah Pasar Kidul Bangli, Pasar Bon Dalem Buleleng, Pasar Kumbasari Denpasar, dan Pasar Galiran Klungkung.

“Di Pasar Kidul, kasus positif COVID-19 pertama kali ditemukan pada seorang tukang suwun (panggul, red) yang kemudian menular pada sejumlah pedagang dan keluarganya. Berikutnya ada Pasar Bon Dalem, bahkan Pemkab Buleleng sempat melakukan karantina wilayah untuk mengunci penyebaran COVID-19,” urai Dewa Indra saat menggelar rapat virtual, Selasa, dikutip ringtimesbali.com dari situs resmi Pemprov Bali.

Baca Juga: Balita Dikurung di Kandang Bersama Ratusan Hewan, Tiga Pelaku Dibekuk

Dewa Indra menambahkan, belakangan ini muncul klaster penyebaran baru di dua pasar besar, yaitu Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Kabupaten Klungkung.

Bahkan, lanjutnya, klaster Pasar Kumbasari menjadi penyumbang terbesar penambahan angka positif COVID-19 di Kota Denpasar.

Penanganan dan langkah pencegahan penyebaran COVID-19 di Pasar Tradisional memang sudah dilakukan GTPP provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga: Rekor Tertinggi, Dalam Sehari 106 Kasus Positif Covid-19 di Bali

GTPP COVID-19 Provinsi Bali berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri dan turun bersama untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional.

Akan tetapi, jelas Dewa Indra, GTPP provinsi Bali tidak mungkin bisa menjangkau ribuan pasar tradisional yang tesebar di seluruh Bali.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pemprov Bali


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X