Hiswana Migas Bali dan Pertamina Bagikan Sembako ke Pedagang Pasar Rakyat

- 22 Mei 2020, 14:00 WIB
PASAR oleh-oleh Rajagaluh Majalengka mengalami penurunan omzet hingga 80 persen.*

 

RINGTIMES BALI – Sebanyak 200 paket sembako dan 100 buah pelindung wajah telah dibagikan kepada pedagang di pasar rakyat Kota Denpasar. Hal ini dilakukan oleh Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Bali dan Pertamina.

Dewa Putu Ananta selaku Ketua Hiswana Migas Bali di Denpasar, Rabu (20/5) mengatakan bahwa masa pandemi COVID-19 sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat, oleh sebab itu sebagai Himpunan Para Pengusaha Mitra Kerja Pertamina, seperti SPBU, agen LPG juga ikut berempati kepada masyarakat Kota Denpasar meskipun juga ikut terkena dampaknya.


Dewa Ananta menyampaikan, "Kami dari Hiswana Migas Bali dan Pertamina kepada masyarakat Kota Denpasar berupaya memberikan bantuan sembako dan face shield (alat pelindung wajah) kepada para pedagang.”

Baca Juga: Pemprov Bali Ajukan Penambahan Kouta Penerima Manfaat Kartu Prakerja

Bantuan yang tidak terlalu besar ini, kata Dewa Ananta, pihaknya berharap kepada masyarakat Kota Denpasar khususnya pedagang dapat bermanfaat. Menurutnya selain sembako pihaknya sengaja memberikan bantuan pelindung wajah masyarakat khususnya pedagang. Dengan adanya pelindung wajah mereka bisa tetap berjualan, karena mereka bisa dilindungi terhadap penyebaran COVID-19 oleh alat tersebut ketika melayani pembeli.


Mengingat pemerintah telah merancang "new normal life" (kehidupan normal baru), Dewa Ananta mengaku sangat mengapresiasi maka, selama pandemi COVID-19 ini pihaknya akan tetap beroperasi di SPBU, agen LPG, namun dengan menggunakan prosedur atau protap COVID-19 dari pemerintah. Yaitu selama beroperasi akan melengkapi dengan sarung tangan, masker wajah, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di setiap SPBU.

"Sehingga konsumen bisa aman bertransaksi di SPBU dan agen LPG kami," kata Dewa Ananta.

Baca Juga: Korban PHK Sektor Pariwisata Mendapat Sembako dari Pemkot Denpasar

Sementara itu, Kepala Bidang Meteorologi dan Tertib Niaga Disperindag Kota Denpasar Putu Gede Sukadana mengatakan, setelah bantuan tersebut diterima pihaknya langsung berkoordinasi bersama Dinas Sosial Kota Denpasar dan Forum Pasar dan sesuai kesepakatan 100 buah pelindung wajah diserahkan bagi pedagang di Pasar Purwa Kerti.

Ia mengatakan untuk bantuan sembako diserahkan kepada pedagang suvenir Kota Denpasar sebanyak 130 paket . Sedangkan untuk 70 paket lagi dibagikan oleh Dinas Sosial kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan.

Lebih lanjut Sukadana mengatakan, bantuan dari Hiswana Migras Bali dan Pertamina di serahkan secara langsung oleh Dinas Disperindag Kota Denpasar bersama Dinas Sosial Kota Denpasar dan Pengurus Persatuan Pedagang Souvenir Kota Denpasar.

Baca Juga: Di Kota Denpasar Positif Covid-19 Bertambah Satu


Menurut Sukadana bantuan tersebut sangat disambut antusiasme oleh pedagang, karena mereka sangat merasakan sekali dampak dari COVID-19.

"Bahkan dampak COVID-19 ini telah mereka rasakan sejak sebulan lalu, karena mereka biasanya berjualan di sekitar hotel-hotel. Sejak wabah COVID-19 sudah kebanyakan tutup karena tidak ada tamu," ucapnya.

Tidak hanya memberikan bantuan, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengimbau kepada pedagang agar selama menghadapi pandemi COVID-19 tetap mematuhi protokol kesehatan dari Pemerintah Kota Denpasar maupun pemerintah pusat. Sehingga dengan mengikuti protokol kesehatan maka penyebaran mata rantai COVID-19 bisa cepat diputus. (*)

 

Editor: Dian Effendi

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X