Konsolidasi Wapena Bali dan Peran Wartawan dalam Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

- 7 April 2021, 19:19 WIB
Konsolidasi WAPENA Bali yang dihadiri sejumlah wartawan menghadapi kesiapsiagaan bencana di Bali /dok.Siap Siaga for Ringtimesbali.com/

RINGTIMES BALI - Salah satu strategi dalam optimalisasi penanggulangan bencana di Provinsi Bali adalah adanya peran aktif wartawan dalam menyalurkan informasi dan menyajikan fakta kepada masyarakat luas disertai data-data yang valid dari sumber yang tepat.

Peran ini menjadi sangat vital ketika ditangan seorang wartawan peristiwa dan berita berdasarkan fakta dikemas menjadi bentuk komunikasi yang tepat melalui media masing-masing dan sanggup menumbuhkan harapan sekaligus menggerakkan semua pihak untuk beraksi bersama dalam kesiapsiagaan menanggulangi bencana.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kabar Berita Bali (@ringtimesbali)

Berdasarkan data BPS tahun 2020, Bali sebagai salah satu provinsi yang sangat rawan terhadap bencana hidrometeorologi (banjir dan longsor), letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami dengan jumlah penduduk 4.336.900 jiwa.

Baca Juga: Aurel Ungkap Kebahagiaan Jadi Istri: Abang Atta Tiap Pagi So Sweet, Selalu Peluk

Baca Juga: 3 Tanda Pasangan Anda Hipersex, Kenali Bahaya yang Ditimbulkan

Baca Juga: Hotma Sitompul Bongkar Aib Desiree dan Anaknya, '22 Tahun Saya Rawat Ribu, Anaknya Membiarkan'

Karena itu sudah seharusnya memiliki pentahelix yang kokoh dan aktif, termasuk didalamnya adalah komponen media dan wartawan yang dapat berkontribusi secara optimal dalam mengatasi kebencanaan tersebut.

“Wartawan memiliki peran penting dan luar biasa yaitu mereka memiliki andil besar dalam pewartaan kesiapsiagaan bencana," ungkap Gede Sudiartha, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Bali dalam Pertemuan konsolidasi (FGD) Anggota Forum Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Rabu 7 April 2021.

pertemuan konsolidasi Forum Wapena Bali
pertemuan konsolidasi Forum Wapena Bali

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X