Nyepi 2021 di Bali Ogoh-ogoh Ditiadakan, Umat Hindu Wajib Ikuti Prokes Covid-19, Ini Rangkaiannya

- 20 Januari 2021, 06:00 WIB
Nyepi 2021 di Bali Ogoh-ogoh Ditiadakan, Umat Hindu Wajib Ikuti Prokes Covid-19, Ini Rangkaiannya. /PIXABAY/@Michelle Maria

RINGTIMES BALI - Umat Hindu di Bali pada Maret mendatang akan melaksanakan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1943. Meski masih di bulan ketiga, namun pemerintah provinsi sudah mengeluarkan surat edaran bersama terkait rangkaian pelaksanaannya.

Sebagaimana pelaksanaan tahun sebelumnya pengarakan ogoh-ogoh tahun ini tetap ditiadakan lantaran masih pandemi Covid-19.

Ketua PHDI Bali I Gusti Ngurah Sudiana dan Bendesa Agung MDA (Majelis Desa Adat) Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet dalam keterangan resminya, Selasa 19 Januari 2021 meminta agar masyarakat dapat menaati dan melaksanakan surat edaran Nomor 009/PHDI-Bali/2021.

Baca Juga: Makna dan Alasan Kenapa Saat Hari Raya Kuningan Persembahyangan Hanya Sampai Pukul 12 Siang

Nomor:002/MDA-ProvBali/I/2021 tentang pelaksanaan rangkaian hari raya suci Nyepi tahun saka 1943 di Bali dalam kondisi Covid-19 ini.

"Misalnya kegiatan Melasti Tawur Kesanga Hari Raya Suci Nyepi tahun 1943 ini Desa Adat Wewidangan yang berdekatan dengan Segara bisa Melasti ke Pantai, yang desa adatnya dekat dengan danu, melasti di danau, desa adat yang wewidangannya dekat dengan Campuhan melasti di campuhan, desa yang memiliki beji atau pura beji melasti di beji," jelasnya.

Dan bagi desa adat yang tidak memiliki atau melaksanakan melasti di tempat-tempat tersebut dapat melaksanakan Ngubeng atau Ngayat di pura setempat imbuhnya.

Baca Juga: Wisata Uluwatu Bali, Segini Harga Tiket Masuknya

Dan patut diketahui bersama, katanya pengarakan ogoh-ogoh yang berkaitan dengan upacara tawur kesanga hari raya suci Nyepi juga kita tiadakan, tandasnya, mengapa ? Karena Ogoh-ogoh bukan rangkaian wajib upacara ini, oleh karena itu pengarakan ogoh-ogoh ditiadakan.

Dan berikut rangkaian hari rayanya dimana puncaknya upacara Tawur akan dilaksanakan serentak pada Saniscara Pon Gumbreg pada 13 Masehi 2021 dengan tingkatan sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Pemprov Bali


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X